Beranda > 1. General, Umum > Microsoft Access Go Online

Microsoft Access Go Online

Saat ini, jaman-nya adalah jaman online. Semua serba online, serba mudah dan praktis. Hampir semua lini bisnis tergiring kearah sana. Pola atau kegiatan usaha diberbagai bidang sangatlah di-untungkan dengan kemajuan teknologi saat ini. Usaha promosi dan “jualan” pun bak menjamur dimana – mana. Lalu bagaimana dengan sebuah tools kecil yang selama ini menjadi unik dan menarik ini? Sebuah software yang masih menjadi bagian dari Microsoft Office itu sendiri…

Yaaa!! Microsoft Access yang selama ini menjadi salah satu andalan jitu dalam pengelolaan data pun tak luput dari berbagai sorotan akan kemampuan software ini seiring dengan perkembangan teknologi terkini. Apakah Access hanya mampu bertahan pada aplikasi desktop saja yang memungkinkan ditinggalkannya oleh para penggunanya?? Ataukah ada terobosan baru yang mengantarkan Access menjadi lebih menarik dan “sejajar” dengan perangkat lunak lainnya yang memang berbasis web ?

Microsoft, sebagai vendor Access telah berupaya keras untuk memberikan “angin segar” kepada penggunanya agar dapat bertahan dalam perkembangan teknologi. Hadirnya Access 2010 telah dirancang untuk mendukung fasilitas online dari pengelolaan data. Dari sinilah, titik perubahan yang signifikan dimana untuk membuat access online menjadi sangat mudah dan cepat. Tanpa penulisan kode program yang komplek dan panjang, tanpa memakan waktu yang lama, Access 2010 dapat dengan mudah di-“publish” secara langsung ke web.

Access in Android

Dan disisi lain, “foreign vendor” pun sudah bermain teknologi baru untuk menjembatani software Access agar dapat menjadi online secara mudah, cepat dan lintas versi generasi Access (semua versi Access). Dengan demikian, kompetisi pun tak lagi dapat dihindarkan. Masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Melihat hal yang demikian, tentunya bagi developer (pengembang) Access itu sendiri menjadi sangat di-untungkan untuk melakukan riset (try-out) teknologi ini, mulai dari “mengawinkan” Access vs MySQL, Access vs Sharepoint dan Access Hosting, Remote Desktop hingga teknologi terkini, CLOUD Computing.

Kami, mewakili Komunitas Access Indonesia terus menerus tak pernah henti untuk berinovasi dalam melakukan ujicoba dari fasilitas – fasilitas baru tersebut yang memungkinkan Access dapat berjalan secara online. Mulai dari aplikasi – aplikasi sederhana hingga kepada aplikasi – aplikasi yang ril (nyata) telah berjalan dalam kegiatan bisnis kami sehari – hari. Tujuan utamanya yaitu untuk membuktikan sejauh mana Access dapat bertahan dan “bertarung” dalam kompetisi kemajuan teknologi informasi ini. Dan pada akhirnya, hasil inilah yang seringkali memberikan inspirasi kami untuk menyelenggarakan “Kopdar Akbar Komunitas Access Indonesia” yang dimanifestasikan dalam kegiatan Seminar dan sejenisnya.

Access Web

Kegiatan pra kopdar (kopdar persiapan) seminar yang ber-tema-kan “Access Go Online” ini telah dilaksanakan pada hari Minggu, 4 Maret 2012 didesa Parung Bingung, Sawangan – Depok. Pertemuan yang dimotori oleh Haer Talib (MVP Access Indonesia) ini dihadiri oleh Dewan Pakar dan Para Pelaku Bisnis dengan suasana hangat dan kekeluargaan.

Berikut adalah daftar peserta yang hadir :

1. Aksan Kurdin – Tuan Rumah
2. Haer Talib – RumahAccess Indonesia
3. Lusky Kurniawan – SOLUSIACCESS Indonesia
4. Andi Suhandi – ERP Consultant
5. Adi Atmanto – Business Development
6. Edy Wiyono – Praktisi IT (juru “keker”)
7. Nino G.R. – IT Controller
9. Umar Sadikin – Praktisi IT
10. Sukarno – Praktisi IT
11. Wayan Ari – Dosen & Praktisi IT

Adapun kesimpulan riset terbaru tentang Access Go Online yaitu :

1. Banyak metode untuk meng-implementasikan Access Online diantaranya Access vs MySQL, Remote Desktop, Access Hosting dan Cloud Computing.

2. Microsoft Access (lintas versi) mampu berjalan dengan baik secara mobile (Android)

3. Microsoft Access (lintas versi) mampu berjalan secara Web Base atau dalam browser (ie, fox, chrome, dll). Hasil optimal bila dipadukan dengan dukungan program flash versi terkini.

So, Imposible Is Nothing… Masih ragukah akan kemampuan Access dalam solusi bisnis ???

Salam,

Lusky Kurniawan

Notes :

1. Contoh aplikasi access online : S.A.P.I – .tk yaitu sptWeb, AccessBlogger, Pustaka-Online, dan InventoryWeb

2. Password Login pada sptWeb.tk yaitu Username sama dengan Password. Contoh : Username : Lusky, Password : lusky

3. Beberapa contoh telah disesuaikan dengan fungsinya seperti :
-, sptWeb.tk : untuk aplikasi multiuser (User Privilege Test)
-, accessblogger : untuk aplikasi access seperti web Blog
-, pustaka-online : untuk aplikasi pengumpulan data antar lokasi (Head Office – Site)
-, inventoryweb : untuk transaksi online

Kategori:1. General, Umum
  1. Yudi Hantoro
    Maret 6, 2012 pukul 8:48 am

    Semakin kesini semakin bagus bahasa redakturnya, MANTAB Bro

    • Maret 11, 2012 pukul 1:13 am

      Terima kasih banyak bro Yudhi. Kami senantiasa memperbaiki dan memperbaharui content dan style web ini agar menjadi lebih mudah, menarik dan tetap uptodate…

  2. Maret 12, 2012 pukul 1:10 pm

    WOW…. Baru itu yang bisa saya katakan, karena terpesona dengan kemampuan access yang bisa online.

    Dan, rasa yang munggunung dalam hati ini : “Ku ingin belajar membuat yang seperti itu”, “Bagaimana caranya ya ?”. Hee he

    Ditunggu sharingnya bang, baik buku or artikel or dalam bentuk pa aja.
    Thanks.

    • Juni 26, 2012 pukul 8:51 am

      thank ya atas apresiasinya.. sebenarnya udh ada bbrp judul buku yang akan saya tulis, cuma slalu tertunda dengan kerjaan yang lain. mhn doanya aja semoga hal tsb benar2 bisa ter-realisasi dg baik sehingga bisa share lebih banyak…

  3. April 15, 2012 pukul 3:08 am

    Ditunggu tutotial atau bukunya.. 🙂

    • Juni 26, 2012 pukul 8:53 am

      mhn doa dan dukungannya smg rencana pembuatan buku bisa terwujud dengan baik…

  4. Samsul
    Juni 24, 2012 pukul 5:28 pm

    Mau banget, dari dulu artikel ini yang kucari, mau buat aplikasi access ku bisa diaccess secara online, di tunggu informasinya

  5. Samsul
    Juni 27, 2012 pukul 3:31 am

    ok, semuanya, mas Luski dan yang lainnya salam kenal, semangat selalu, dan support untuk Anda semua,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar